Tak Perlu Jauh-jauh, Pulau Seribu Juga Layak Jadi Wisata Selam

JAKARTA- Banyak dari wisatawan yang mengeluhkan bahwa wisata selam di Indonesia masih sangat mahal dan terkendala aksesbilitas menuju lokasi selam tersebut. Namun tak perlu khawatir, di Jakarta pun sudah bisa menyelami keindahan bawah laut, seperti di Kepulauan Seribu.
 
Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kepulauan Seribu, Suwarto mengatakan bahwa sudah lima tahun belakangan ini Pulau Seribu sudah layak untuk diselami. Beberapa titik selam seperti yang berada di Pulau Tidung atau Pulau payung, bahkan Pulau Pari pun menjadi lokasi favorit untuk bercengkerama dengan terumbu karang.
 
“Tak perlu jauh-jauh kalau mau menyelam, di Jakarta sebenarnya bisa. Alam bawah laut Pulau Seribu sudah tak kalah indahnya dengan wilayah lain,” katanya ketika ditemui Okezone, di Jakarta belum lama ini.
 
Ia juga menambahkan bahwa kesiapannya dalam mengembangkan wisata selam demi mencapai target Indonesia sebagai surga para penyelam Dunia pada tahun 2020 dari tahun ke tahun sudah meningkatkan. Peningkatan tersebut terlihat dari titik selam yang sudah ditentukan, para Guide yang dibina dengan baik, serta penyediaan fasilitas pembangunan dermaga di setiap pulau pemukiman.
 
“Kini hampir di setiap pulau pemukiman memiliki dermaga yang bagus,” tutupnya.
(ftr)