Pariwisata Sulawesi Tenggara tak Terkendala Jalan Mulus!

JAKARTA- Menjual Wakatobi sebagai wisata selam terbaik di dunia, Sulawesi Tenggara (Sultra) akui masih menyimpan banyak potensi wisata selam lainnya. Namun hal ini masih belum cukup dikenal luas oleh para wisatawan. Apa pasal?
 
Seperti yang dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Zainal Koedoes, potensi wisata alam di kawasan Sultra cukup banyak. Namun beberapa diantaranya masih belum cukup kuat untuk keluar dan dikenal luas oleh wisatawan.
 
“Ada beberapa potensi yang perlu kita tata terlebih dahulu, karena potensi tersebut masih sangat alami. Kami tidak ingin menjual sesuatu yang belum siap. Kami persiapkan secara matang, baru dapat kami kenalkan kepada pariwisata internasional,” katanya ketika ditemui Okezone belum lama ini.
 
Zainal menambahkan bahwa permasalahan kesiapan potensi-potensi tersebut bukan karena terkendala infrastruktur seperti jalan. Namun lebih pada kesiapan dari potensi alamnya.
 
“Untuk jalan sendiri di Sultra sudah hampir 70 persen bagus menuju lokasi wisata. Karena aktifitas juga banyak dilakukan di laut, dan lokasi nya tak begitu jauh dari satu tujuan ke tujuan lain,” tambahnya.
 
Demi memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Tenggara, program Hallo Sultra yang merupakan agenda tahunan di provinsi ini mulai berani mengenalkan kepada para wisatawan. Acara ini berisikan tentang promosi wisata, festival kuliner, maupun perhelatan budaya khas Sultra yang cukup unik dan berbeda. Diharapkan dengan adanya Hallo Sultra ini dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun asing dan menjadikan Sultra sebagai salah satu destinasi yang dikenal internasional.
(ftr)