Jaringan Indosat Down Gara-gara Human Error

Para pengguna layanan milik Indosat pada hari ini, Kamis (3/4/2014), harus menahan kekecewaan. Hampir seluruh pengguna layanan Indosat di seluruh Indonesia tidak bisa mengakses jaringan. Di layar handphone nampak bahwa jaringan sama sekali tidak muncul.

Di Twitter pun muncul informasi yang menjadi penyebab dari matinya jaringan milik Indosat tersebut. Perusahaan internet BGP MOnitoring mengatakan bahwa setidaknya ada 415.652 IP prefix yang disebut telah ‘dibajak’ oleh Indosat. Akibatnya, traffic keluar masuk di jaringan pun terganggu.

Akbar Marwan yang merupakan seorang dosen di Universitas Gunadarma pun mengatakan hal ini terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi routing. Selanjutnya, Autonomous number system Indosat pun diblokir dan pada akhirnya para pengguna Indosat tidak bisa melakukan panggilan telepon ataupun akses internet.

Sebelumnya, pihak Indosat pun telah memberikan keterangan resminya. Mirza Helmi, Group Head CUstomer Experience Project Indosat mengatakan bahwa hampir semua pelanggan Indosat terkena dampak jaringan error ini. Baik konsumen umum ataupun korporasi. Dia mengatakan bahwa terdapat flooding traffic pada IP MPLS yangpada akhirnya berakibat overload pada perangkat Indosat.

sumber:  LIputan 6