Millane Fernandez dan Kegilaan pada Sepak Bola

Jakarta - Penyanyi Millane Fernandez, 27 tahun, mengaku sangat senang ketika diajak Coca-Cola menyanyikan lagu untuk Piala Dunia 2014 di Brasil versi Indonesia bersama penyanyi Amerika, David Correy, dan kelompok perkusi asal Brasil, Monobloco. Maklum saja, dunia sepak bola ternyata sudah sangat dekat dalam kehidupannya. "Aku dari dulu emang suka banget sama sepak bola," katanya kepada Tempo di Kemang, Jakarta, pertengahan Maret 2014.

Menurut gadis berdarah Jerman-Indonesia itu, sebagai anak perempuan satu-satunya, abang-abangnya sering mengajaknya ikut bermain sepak bola hingga membuatnya memiliki sifat yang sedikit tomboi. "Dulu, aku itu pernah jadi striker, midfielder. Tapi aku paling suka jadi kiper," katanya yang merasa cukup pandai di posisi kiper.

Ketika musim Piala Dunia 2006 di Jerman, Millane tak pernah absen menonton pertandingan pemain-pemain favoritnya. Ia cukup sering pergi dengan teman-temannya menonton langsung dari stadion di Jerman. Bila tak sempat, televisi di rumah pun pasti jadi sahabatnya saat pertandingan berlangsung. (Baca: Duet Sandhy Sondoro-Millane Fernandez)

Kecintaannya pada sepak bola pun tidak berkurang, meski ia mengalami kecelakaan saat bermain menjadi kiper. Saat itu Millane sengaja melepas sarung tangan kipernya karena hendak ke toilet. Tiba-tiba salah satu temannya, dengan kekuatan penuh, menendang bola ke arah Millane. Refleks, ia pun langsung berusaha menangkap bola itu tanpa sarung tangan. "Karena tidak terlalu siap, akhirnya dua sendi jari aku retak, dan dipatahin sekaligus sama dokter agar bisa tumbuh lebih sempurna lagi," katanya mengingat pengalamannya itu.

Pemenang salah satu ajang pencarian bakat di Jerman pada usia 14 tahun itu pun masih menikmati permainan sepak bola, sebagai pemain ataupun penonton bersama dua kakaknya. Hingga saat ini, gadis yang pernah bernyanyi di Allianz Arena, Jerman, pada saat istirahat paruh waktu pertandingan antara Bayern Muenchen dan Bayer Leverkusen itu sering bermain futsal untuk meluapkan hobinya bermain bola sepak.




MITRA TARIGAN