Ini Dia Posisi Bercinta Terbaik Bagi Wanita dengan Nyeri Punggung

Jakarta, Nyeri punggung sangat menyiksa, tidak hanya saat duduk tetapi juga saat melakukan aktivitas seksual. Para ilmuwan pun berusaha mencari posisi bercinta paling ideal, agar sensasinya tidak terganggu oleh derita nyeri punggung.

Singkatnya, para ilmuwan dari University of Waterloo tersebut menyimpulkan posisi yang terbaik untuk perepuan dengan nyeri punggung bagian bawah adalah doggy style. Alternatifnya, bisa juga menerapkan posisi standar bercinta yakni missionary.

Temuan lainnya adalah, posisi spooning harus dihindari karena paling menyiksa bagi yang mengidap nyeri punggung. Posisi ini dideskripsikan sebagai posisi menyamping, biasanya laki-laki mengambil posisi di belakang sambil memeluk pasangannya.

Panduan ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah European Spine Journal, sebulan setelah ada panduan serupa untuk laki-laki dengan masalah yang sama yakni nyeri punggung.

"Umumnya, posisi spooning banyak disarankan bagi yang mempunyai nyeri punggung karena mengurangi ketegangan pada jaringan tersebut," kata sang peneliti, Natalie Sidorkewicz seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (29/10/2014).

"Tapi setelah kami mengamati pergerakan tulang punggung dan aktivitas otot, kami menemukan bahwa posisi spooning sebenarnya salah satu yang terburuk untuk nyeri punggung jenis tertentu," lanjut Natalie.

Dikeluarkannya panduan seperti ini dinilai penting karena nyeri punggung sangat mengurangi kualitas bercinta. Sedikitnya 84 persen pria dengan nyeri punggung, dan 73 wanita dengan keluhan yang sama, mengalami penurunan frekuensi bercinta karena tidak tahan dengan sakitnya.

(up/up)